Pengakuan
hukum sangat pentring, apa yang menjadi hak kita tidak diambil
orang lain. tujuannya, untuk
mengetahui apa saja yang mempunyai hak milikuntuk melengkapi tugas Aspek Hukum Dalam Ekonomi.
PEMBAHASAN
Pengertian Hak :
Menurut
pengertian umum hak adalah Suatu ketentuan yang digunakan oleh syara'
untuk mendapatkan suatu kekuasaan atau suatu beban hukum.
Pengertian hak sama dengan arti hukum dalam istilah ahli ushul yaitu: Sekumpulan kaidah dan nash yang mengatur atas dasar harus ditaati untuk mengatur hubungan manusia dengan manusia, baik mengenai orang maupun mengenai harta.
Pengertian Milik
Milik dalam buku Pukok-pokok Fiqh Muamalah dan Hukum Kebendaan dalam Islam, di definisikan: Kekhususan terdapat pemilik suatu barang menurut syara' untuk bertindak secara bebas bertujuan mengambil manfaatnya selama tidak ada penghalang syar'i.
Pengertian hak sama dengan arti hukum dalam istilah ahli ushul yaitu: Sekumpulan kaidah dan nash yang mengatur atas dasar harus ditaati untuk mengatur hubungan manusia dengan manusia, baik mengenai orang maupun mengenai harta.
Pengertian Milik
Milik dalam buku Pukok-pokok Fiqh Muamalah dan Hukum Kebendaan dalam Islam, di definisikan: Kekhususan terdapat pemilik suatu barang menurut syara' untuk bertindak secara bebas bertujuan mengambil manfaatnya selama tidak ada penghalang syar'i.
Pengertian hak milik
kewenangan atas sesuatu atau keistimewaan untuk menggunakannya atau memanfaatkannya sesuai dengan keinginan, dan membuat orang lain tidak berhak atas hal tersebut kecuali dengan alasan syariah.
Sebab-sebab Pemilikan
Harta berdasarkan sifatnya bersedia dan dapat dimiliki oleh manusia, sehingga manusia dapat memiliki suatu benda. Faktor-faktor yang menyebabkan harta dapat dimiliki antara lain:
a. Ikraj al Mubahat, untuk harta yang mubah atau "Harta yang tidak termasuk dalam harta yang dihormati (milik sah) dan tak ada penghalang syara' untuk dimiliki."
b. Khalafiyah, ialah "Bertempatnya seseorang atau sesuatu yang baru bertenpat ditempat yang lama, yang telah hilang berbagai macam haknya"
c. Tawallud min Mamluk, yaitu segala yang terjadi dari benda yang telah dimilik, menjadi hak bagi yang memiliki benda tersebut. Misal bulu domba menjadi milik pemilik domba
d. Karena penguasaan terhadap milk negara atas pribadi yang sudah lebih dari tiga tahun
Sebab-sebab Kepemilikan dari redaksi lain
a. Barang atau harta itu belum ada pemiliknya secara sah (Ihrazul Mubahat). Contohnya : Ikan di sungai, ikan di laut, hewan buruan, Burung-burung di alam bebas, air hujan dan lain-lain.
b. Barang atau harta itu dimiliki karena melalui akad (bil Uqud) contohnya : lewat jual beli, hutang piutang, sewa menyewa, hibah atau pemberian dan lain-lain.
c. Barang atau harta itu dimiliki karena warisan (bil Khalafiyah), contohnya : mendapat bagian harta pusaka dari orang tua, mendapat barang dari wasiat ahli waris.
d. Harta atau barang yang didapat dari perkembang biakan (Attawalludu minal mamluk) Contohnya : Telur dari ayam yang dimiliki, anak sapi dari sapi yang dimiliki dan lain-lain.
Hikmah Kepemilikan
Ada beberapa hikmah disyari'atkannya kepemilikan dalam Islam, antara lain :
a. Terciptanya rasa aman dan tenteram dalam kehidupan bermasyarakat.
b. Terlindunginya hak-hak individu secara baik.
c. Menumbuhkan sikap kepedulian terhadap fasilitas-fasilitas umum.
d. Timbulnya rasa kepedulian sosial yang semakin tinggi.
Dari Segi Hukum di Indonesia
kewenangan atas sesuatu atau keistimewaan untuk menggunakannya atau memanfaatkannya sesuai dengan keinginan, dan membuat orang lain tidak berhak atas hal tersebut kecuali dengan alasan syariah.
Sebab-sebab Pemilikan
Harta berdasarkan sifatnya bersedia dan dapat dimiliki oleh manusia, sehingga manusia dapat memiliki suatu benda. Faktor-faktor yang menyebabkan harta dapat dimiliki antara lain:
a. Ikraj al Mubahat, untuk harta yang mubah atau "Harta yang tidak termasuk dalam harta yang dihormati (milik sah) dan tak ada penghalang syara' untuk dimiliki."
b. Khalafiyah, ialah "Bertempatnya seseorang atau sesuatu yang baru bertenpat ditempat yang lama, yang telah hilang berbagai macam haknya"
c. Tawallud min Mamluk, yaitu segala yang terjadi dari benda yang telah dimilik, menjadi hak bagi yang memiliki benda tersebut. Misal bulu domba menjadi milik pemilik domba
d. Karena penguasaan terhadap milk negara atas pribadi yang sudah lebih dari tiga tahun
Sebab-sebab Kepemilikan dari redaksi lain
a. Barang atau harta itu belum ada pemiliknya secara sah (Ihrazul Mubahat). Contohnya : Ikan di sungai, ikan di laut, hewan buruan, Burung-burung di alam bebas, air hujan dan lain-lain.
b. Barang atau harta itu dimiliki karena melalui akad (bil Uqud) contohnya : lewat jual beli, hutang piutang, sewa menyewa, hibah atau pemberian dan lain-lain.
c. Barang atau harta itu dimiliki karena warisan (bil Khalafiyah), contohnya : mendapat bagian harta pusaka dari orang tua, mendapat barang dari wasiat ahli waris.
d. Harta atau barang yang didapat dari perkembang biakan (Attawalludu minal mamluk) Contohnya : Telur dari ayam yang dimiliki, anak sapi dari sapi yang dimiliki dan lain-lain.
Hikmah Kepemilikan
Ada beberapa hikmah disyari'atkannya kepemilikan dalam Islam, antara lain :
a. Terciptanya rasa aman dan tenteram dalam kehidupan bermasyarakat.
b. Terlindunginya hak-hak individu secara baik.
c. Menumbuhkan sikap kepedulian terhadap fasilitas-fasilitas umum.
d. Timbulnya rasa kepedulian sosial yang semakin tinggi.
Dari Segi Hukum di Indonesia
Untuk
menciptakan kepastian hukum selain
diperlukan perangkat hukum yang jelas, konsisten dalam penggunaan konsep juga
harus didasarkan pada prinsip-prinsip hukum yang berlaku secara universal. Sebagaimana
diketahui bahwa prinsip hukum memegang fungsi ganda yakni sebagai fondasi dari
hukum positif dan sebagai batu uji terhadap hukum positif itu karena prinsip hukum
sebagai kaidah penilai[1].
Dengan
adanya ketentuan yang tumpang tindih,
demikian pula banyaknya permasalahan yang terjadi dalam implementasinya, maka perlu pula dilakukan penelitian mengenai
prinsip hukum dalam perolehan hak atas tanah, prinsip hukum dalam pembangunan
perumahan dan penormaannya dalam peraturan perundang-undangan di bidang
perumahan.
Sistem adalah suatu kesatuan yang bersifat komplek, yang
terdiri dari bagian-bagian yang berhubungan satu sama lain untuk mencapai
tujuan pokok dari kesatuan tersebut.[2]
Dari pengertian tersebut maka dapat diambil berbagai unsur yang ada ketika
bicara mengenai sistem yaitu:
1.
Adanya satu
kesatuan yang bersifat komplek
2.
Adanya
bagian-bagian atau komponen-komponen
3.
Bagian-bagian atau
komponen-komponen tersebut saling bekerjasama
4.
Bekerjanya
komponen-komponen itu untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai oleh kesatuan
tersebut
Dalam pembicaraan mengenai sistem hukum, maka
peraturan-peraturan yang nampaknya berdiri sendiri itu sebenarnya diikat oleh
beberapa pengertian yang lebih umum sifatnya yakni prinsip hukum. Dengan adanya
ikatan oleh prinsip atau asas hukum ini maka hukum pun merupakan suatu sistem[3].
Karena merupakan suatu sistem maka peraturan yang dibuat antara satu dengan
yang lain harus sinkron baik secara vertikal maupun horisontal, untuk mencapai
tujuan. Koesnoe mengemukakan bahwa dalam
sistem tata hukum kita maka baik peraturan perundang-undangan maupun peraturan
yang tidak tertulis beserta segala peraturan pelaksanaannya, diwajibkan untuk
selalu mengikuti dan berjiwa rechtsidee
yang dianut negara kita.[4]
Dalam sistem hukum pertanahan kita maka antara peraturan
hukum pertanahan yang satu dengan peraturan yang lain tidak boleh bertentangan
demi mencapai tujuan yang dikehendaki Berkaitan dengan tujuan yang hendak dicapai maka tidak
terlepas dari Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 yang merupakan dasar konstitusional
politik hukum pertanahan nasional yang menyebutkan bahwa bumi, air dan kekayaan
alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara untuk sebesar-besar
kemakmuran rakyat. Di dalam Pasal 2 ayat (1) UUPA disebutkan bahwa atas dasar
ketentuan dalam Pasal 33 ayat 3 Undang-Undang Dasar dan hal-hal sebagaimana
yang dimaksudkan dalam Pasal 1, bumi air dan ruang angkasa, termasuk kekayaan
alam yang terkandung di dalamnya itu pada tingkatan tertinggi dikuasai oleh
Negara, sebagai organisasi kekuasaan seluruh rakyat. Sebagaimana diketahui
bahwa Asas domein yang dianut pada masa Pemerintahan Hindia Belanda sebagaimana dimuat dalam Agrarisch Besluit
Stb. 1870/118, memposisikan Negara sebagai pemilik tanah. Hal demikian
jelas bertentangan dengan kesadaran
hukum rakyat Indonesia dan asas negara yang merdeka dan modern. Berdasarkan Penjelasan Umum Angka II Butir (2) UUPA
dikemukakan “tidaklah perlu dan tidaklah pada tempatnya bahwa Bangsa Indonesia
atau Negara bertindak sebagai pemilik tanah. Adalah lebih tepat jika negara,
sebagai organisasi kekuasaan seluruh rakyat (bangsa) Indonesia bertindak selaku
badan penguasa”.
Hak menguasai negara tersebut bersumber dari hak bangsa
Indonesia. Dalam Pasal 1 ayat (1) UUPA dinyatakan bahwa seluruh wilayah
Indonesia adalah kesatuan tanah air dari seluruh rakyat Indonesia, yang bersatu
sebagai bangsa Indonesia. Ketentuan Pasal 1 ayat (1) UUPA ini tidak terlepas
dari konsepsi hukum adat yakni “komunalistik religius yang memungkinkan
penguasaan tanah secara individual dengan hak-hak atas tanah yang bersifat
pribadi sekaligus mengandung unsur kebersamaan”[5].
Sebagaimana diketahui bahwa hukum pertanahan kita
dasarnya adalah hukum adat. Dalam hukum adat hak ulayat adalah hak penguasaan
tanah yang tertinggi. Hak ulayat merupakan hak bersama masyarakat hukum adat
atas tanah. Peraturan Menteri Negara
Agraria/Kepala BPN Nomor 5 Tahun 1999 tentang Pedoman Penyelesaian Masalah Hak
Ulayat Masyarakat Hukum Adat, menyebutkan dalam Pasal 1 bahwa hak ulayat adalah kewenangan yang menurut adat dipunyai oleh
masyarakat adat tertentu atas wilayah tertentu, yang merupakan lingkungan hidup
para warganya untuk mengambil manfaat dari sumber daya alam, termasuk tanah,
dalam wilayah tersebut bagi kelangsungan hidupnya, yang timbul dari hubungan
secara lahiriah dan batiniah turun temurun dan tidak terputus antara masyarakat
hukum adat tersebut dengan wilayah yang bersangkutan. Sedangkan yang dimaksud
tanah ulayat adalah bidang tanah yang diatasnya terdapat hak ulayat dari suatu
masyarakat hukum adat tertentu.
Kewenangan negara tersebut dipahami dalam kerangka
hubungan antara negara dengan bumi, air dan kekayaan alam di dalamnya sebagai
hubungan penguasaan, bukan hubungan pemilikan seperti halnya yang terjadi di
negara barat dan komunis. Negara dalam hal ini sebagai badan penguasa yang pada
tingkat tertinggi berwenang mengatur pemanfaatan tanah dalam arti luas serta
menentukan dan mengatur hubungan hukum dan perbuatan hukum berkenaan dengan
tanah. Sebagai penerima kuasa, maka negara harus bertanggung jawab kepada
masyarakat sebagai pemberi kuasa.[6]
Kewenangan negara ini harus dibatasi dua hal yakni:[7]
- Dibatasi oleh oleh UUD 1945, bahwa hal-hal yang diatur oleh negara tidak boleh bertentangan atau melanggar hak-hak dasar manusia yang dijamin oleh UUD 1945. Misalnya peraturan yang dibuat tidak boleh bias terhadap suatu kepentingan dan menimbulkan kerugian di pihak lain. Jika ini terjadi maka merupakan bentuk pelanggaran terhadap UUD 1945. Dalam hal seseorang mau melepas haknya maka mereka harus mendapat perlindungan hukum dan penghargaan yang adil atas pengorbanannya tersebut. Prinsip pengakuan atau penghormatan terhadap hak-hak orang lain itu harus dirumuskan secara tegas dan jelas dalam peraturan perundang-undangan.
- Pembatasan yang bersifat substantif dalam arti peraturan yang dibuat oleh negara harus relevan dengan tujuan yang hendak dicapai. Sebagaimana ditentukan dalam Pasal 2 ayat (3) UUPA maka semua peraturan yang dibuat harus ditujukan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Kewenangan ini tidak dapat didelegasikan pada organisasi swasta karena menyangkut kesejahteraan rakyat yang sarat dengan misi pelayanan. Pihak swasta merupakan bagian dari masyarakat juga, sehingga jika pendelegasian kepada swasta tersebut dilakukan maka akan menimbulkan konflik kepentingan.
PENUTUP
Dapat disimpulkan untuk menciptakan kepastian hukum selain diperlukan perangkat hukum yang jelas, konsisten dalam penggunaan konsep juga harus didasarkan pada prinsip-prinsip hukum yang berlaku secara universal.
Nama : Tanti Puspita
NPM : 26210819
Kelas : 2EB19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar